Bersiwak, Sunnah Fitrah
Posted by : admin | Date post : May 8, 2015 | Category : Fiqih

Didalam hadist Nabi Muhammad SAW berkaitan tentang bersiwak ini diriwayatkan dari salah satu istri Nabi Muhammad SAW yaitu Aisyah r.a yang mengatakan bersiwak itu membersihkan mulut dan mendatangkan keridhoan Allah SWT.

Kemudian dari hadist-hadist yang lain yaitu dari Bukhori dan Muslim tentang sunah fitrah, Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Lima hal termasuk fitrah (kesucian): (pertama) (Istihdad ialah mencukur bulu dzakar atau bulu kemaluan wanita, (kedua) khitan, (ketiga) menipiskan kumis, (keempat) mencabut bulu ketiak, dan (kelima) memotong kuku.”

Namun ada hadist lain yaitu dari Aisyah r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sepuluh hal termasuk fitrah: (pertama) mencukur kumis, (kedua) memelihara jenggot, (ketiga) bersiwak, (keempat) memasukkan air ke dalam hidung, (kelima) memotong kuku. (keenam) mencuci ruas jari-jari, (ketujuh) mencabut bulu ketiak, (kedelapan) mencukur bulu kemaluan (kesembilan) hemat menggunakan air, (kesepuluh) berkumur-kumur.”

Penjelasan lebih jauh tentang Bersiwak dan Sunah Fitrah bersama Ust. Alfi Syahar bisa ikuti ceramah berikut

Komentar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    "Untuk Mendapatkan apa yang kamu suka, pertama yang harus kamu lakukan adalah bersabar dengan apa yang kamu benci." (Imam Al-Ghazali)