Sekarang dunia ilmu pengetahuan bisa dikatakan berkiblat kepada universitas-universitas terkenal di Barat. Tapi tahukah Anda, ternyata universitas-universitas di Barat bukanlah universitas pertama yang ada di dunia. Justru dari dunia Islam lah universitas pertama itu lahir. Justru kemajuan dan perkembangan universitas-universitas di Barat sekarang ini tidak lepas dari peranan universitas-universitas tua di dunia Islam, yang sudah lebih dulu mengembangkan ilmu pengetahuan.
Universitas pertama di dunia adalah Universitas Al-Qarawiyyin atau Al-Karaouine. Universitas ini berlokasi di Fes, Maroko yang didirikan pada tahun 859. Universitas ini telah dan terus menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim.
Al-Qarawiyyin memainkan peran utama dalam hubungan budaya dan akademis antara dunia Islam dan Eropa pada abad pertengahan. Kartografer Mohammed al-Idrisi (w. 1166), yang memiliki peta dibantu eksplorasi Eropa pada masa Renaissance mengatakan telah tinggal di Fes untuk beberapa waktu, menunjukkan bahwa ia mungkin telah bekerja atau belajar di Al-Qarawiyyin. Universitas ini telah menghasilkan banyak sarjana yang sudah sangat mempengaruhi sejarah intelektual dan akademik dunia Muslim dan Yahudi. Di antaranya adalah Ibnu Rushayd al-Sabti (w. 1321), Mohammed bin al-Hajj al-Abdari al-Fasi (w. 1336), Abu Imran al-Fasi (w. 1015), teoritikus terkemuka dari mazhab Maliki hukum Islam, Leo Africanus, seorang pengelana terkenal dan penulis, dan Rabbi Moshe ben Maimon.
Pada tahun 1947, Universitas Al-Qarawiyyin direorganisasi menjadi universitas modern, dengan memberikan gelar akademik. Pada tahun 1975, Studi Umum dialihkan kepada yang baru didirikan yang bernama Universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah; Al-Qarawiyyin tetap pada program studi Islam dan studi teologis.
Al-Qarawiyyin adalah bagian dari masjid, didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihria, putri seorang pedagang kaya bernama Muhammad Al-Fihri. Keluarga Al-Fihri telah bermigrasi dari Kairouan (di sinilah asal nama masjid), Tunisia ke Fes pada awal abad ke-9, bergabung dengan komunitas pendatang lainnya dari Kairouan yang telah menetap di sebuah distrik barat kota. Fatima dan kakaknya Mariam, baik dari mereka berpendidikan, mewarisi sejumlah besar uang dari ayah mereka. Fatima berjanji untuk menghabiskan seluruh warisannya pada pembangunan masjid yang cocok untuk komunitasnya.
Selain tempat untuk ibadah, masjid segera berkembang menjadi tempat untuk pelajaran agama dan diskusi politik, secara bertahap memperluas pendidikan untuk berbagai mata pelajaran, khususnya ilmu alam.
Al-Qarawiyyin memperoleh perlindungan politik kuat dari Sultan. Dikompilasi banyak pilihan manuskrip yang disimpan di perpustakaan yang didirikan oleh Sultan Abu Inan Faris dari Dinasti Marinid pada tahun 1349. Di antara naskah yang paling berharga saat ini disimpan di perpustakaan adalah jilid dari yang terkenal Al-Muwatta dari Malik yang ditulis pada perkamen kijang, Sirat Ibn Ishaq, salinan Al Qur’an yang diberikan oleh Sultan Ahmad al-Mansur pada tahun 1602, dan salinan asli dari buku Ibnu Khaldun Al-‘Ibar. Di antara mata pelajaran yang diajarkan, di samping Al Qur’an dan Fiqih (hukum Islam), adalah tata bahasa, retorika, logika, kedokteran, matematika, astronomi, kimia, sejarah, geografi dan musik.
Al-Qarawiyyin dimainkan, pada abad pertengahan, peran utama dalam pertukaran budaya dan transfer pengetahuan antara Muslim dan Eropa. Pelopor akademisi seperti Ibnu Maimun (Maimonides), (1135–1204),[21] Al-Idrissi (w.1166 M), Ibnu al-Arabi (1165-1240 M), Ibnu Khaldun (1332-1395 M), Ibnu al-Khatib, Al-Bitruji (Alpetragius), Ibnu Hirzihim, dan Al-Wazzan semua terhubung dengan Universitas baik sebagai mahasiswa atau dosen. Di antara cendekiawan Kristen mengunjungi Al-Qarawiyyin adalah tokoh Belgia Nicolas Cleynaerts dan tokoh Belanda Golius.
Masjid Al-Qarawiyyin
Dinasti berturut-turut memperluas masjid Al-Qarawiyyin sampai menjadi yang terbesar di Afrika Utara, dengan kapasitas lebih dari 20.000 jamaah. Dibandingkan dengan masjid besar Isfahan atau Istanbul, desain ini sederhana. Kolom dan lengkungan yang polos putih, lantai tercakup dalam buluh tikar, karpet tidak subur. Namun hutan yang tampaknya tak berujung lengkung menciptakan rasa keagungan yang tak terbatas dan privasi intim, sementara kesederhanaan desain melengkapi relung yang dihiasi halus, mimbar dan halaman luar, dengan ubin yang luar biasa, semen gips, ukiran kayu dan lukisan.
Bentuk sekarang dari masjid ini adalah hasil dari evolusi sejarah yang panjang selama lebih dari 1.000 tahun. Awalnya masjid sekitar 30 meter dengan halaman dan empat lorong melintang. Perluasan pertama dilakukan pada 956, berdasarkan Khalifah Kordoba Umayyah, Abd-ar-Rahman III. Ruang sholat diperpanjang dan menara dipindahkan, mengambil bentuk persegi yang berfungsi sebagai model untuk menara Afrika Utara yang tak terhitung jumlahnya. Pada saat ini menjadi sebuah tradisi bahwa masjid lainnya di Fes akan membuat ajakan untuk salat hanya setelah mereka mendengar Al-Qarawiyyin. Dalam menara masjid Al-Qarawiyyin ada ruang khusus, Dar al-Muwaqqit, di mana waktu salat ditetapkan.
Rekonstruksi yang paling luas dilakukan pada 1135 di bawah perlindungan dari pemimpin Almoravid sultan Ali bin Yusuf yang memerintahkan perpanjangan masjid dari 18 sampai 21 lorong, memperluas struktur lebih dari 3.000 meter persegi . Masjid ini memperoleh penampilan yang sekarang saat ini, menampilkan lengkungan tapal kuda dan bingkai ijmiz dihiasi dengan seni Andalusia yang indah dan geometris, yang dibatasi dengan kaligrafi Kufi.
Pada abad 16, Saadi memulihkan masjid, menambahkan dua teras sampai ke ujung utara dan selatan halaman.
Sumber: id.wikipedia.org