Meneladani Nabi Ibrahim (1) by Ust. Alfi Syahr
Posted by : admin | Date post : September 17, 2014 | Category : Mutiara Iman

Nabi Ibrahim AS adalah salah satu diantara Nabi Allah yang cukup banyak disebutkan dalam Al-Qur’an setelah Nabi Musa AS. Nabi Ibrahim AS juga termasuk Nabi Allah SWT banyak kisahkan dan ada beberapa keteladanan yang Allah SWT abadikan di dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman: “Sungguh bagi kalian terdapat teladan yang baik di dalam diri Ibrahim dan orang-orang yang bersamanya.” (Qs. Al Mumtananah 4)

Berikut ini adalah gambaran perilaku Nabi Ibrahim AS yang bisa kita teladani: a) Beliau memiliki sifat kritis terhadap lingkungan. Nabi Ibrahim AS dilahirkan dilingkungan penyembah berhala, termasuk bapaknya sendiri, Azar, namun ternyata lingkungan tidak memberi pengaruh terhadap dirinya. Hal ini dikarenakan sikap kritis yang beliau miliki. Suatu ketika beliau bertanya kepada bapaknya tentang penyembahan berhala ini. Allah SWT berfirman: “Dan (ingatlah) di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Aazar: “Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai ilah-ilah. Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata”. (Al-An’am: 74)

Cerita selanjutnya tentang beliau memiliki sifat kritis bisa didengar ceramah berikut… b) Cerdas, diplomatis dan pemberani Hal ini dibuktikan ketika beliau berhadapan dengan penguasa musyrik saat itu yang bernama Namrudz, raja Babilonia. Allah SWT berfirman: “Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Rabbnya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: “Rabbku ialah yang menghidupkan dan mematikan”. Orang itu berkata: “Saya dapat menghidupkan dan mematikan”. Ibrahim berkata: “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat,” lalu heran terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Al-Baqarah: 258)

Pembahasan tentang meneladani Nabi Ibrahim AS lebih lanjut bisa dengarkan ceramah berikut!!!

Komentar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    "Untuk Mendapatkan apa yang kamu suka, pertama yang harus kamu lakukan adalah bersabar dengan apa yang kamu benci." (Imam Al-Ghazali)